Rabu, 01 Juni 2016

kisi - kisi UTS Rekayasa Perangkat Lunak

1. Apa definisi perangkat lunak ?
            Perangkat lunak (software) adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer.
2.  Apa Karateristik perangkat lunak ?
·         Maintanability (Dapat Dirawat), Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan
·         Dependability, Perangkat Lunak harus dapat dipercaya
·         Efisiensi, Perangkat Lunak harus efisien dalam penggunaan resource
·         Usability, Perangkat Lunak harus dapat digunakan sesuai dengan yang direncanakan

3.  Apa problem dalam pembuatan perangkat lunak ?

Ø  kebutuhan yang akan datang sering tidak bisa dipahami dan merupakan sebuah hal yang sering sekali berubah.
Ø  usaha untuk menggunakan kembali (reuse) sering kali berujung melibatkan komponen-komponen yang sebenarnya tidak bisa digunakan kembali (not reusable) dan sering kali gagal untuk dilakukan.
Ø  sering sekali terjadi, programer dan sistem analis kehilangan gambaran secara umum tentang apa yang dimaksud dengan kebutuhan yang akan datang.
Ø  dan yang paling penting adalah para pengembang cenderung melihat permasalahan ke arah permasalahan coding. Pengembang gagal melihat bahwa penyelesaian masalah melalui kekuatan perancangan/desain adalah sesuatu yang patut dipertimbangkan dan merupakan jalur yang tepat.

4. Jelaskan macam - macam perangkat lunak ?
§  Perangkat lunak sistem operasi (operating system), yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem  komputer. Contoh perangkat lunak sistem operasi, yaitu Windows, UNIX, LINUX, dan VMS.
§  Perangkat lunak bahasa (language software), yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam   bahasa pemrograman ke   dalam  bahasa mesin agar dimengerti oleh  komputer. Contoh perangkat lunak bahasa,  yaitu Visual Basic, Delphi, dan C++, dll.
§  Perangkat lunak aplikasi, yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh softwere house yang berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya umum  atau standar. Contoh  perangkat lunak aplikasi, yaitu Microsoft Word yang digunakan untuk membuat suatu  dokumen dan Microsoft Excel yang digunakan untuk mengolah data berupa angka - angka atau grafik.
5. Apa syarat - syarat perangkat lunak ? Jelaskan !
  1. Persyaratan Fungsional dan Non Fungsional.
            Contoh Persyaratan fungsional:
o   User dapat mencari semua atau satu set awal database atau memilih subset darinya.
o   System akan menyediakan viewer yang sesuai bagi user untuk membaca dokumen pada penyimpanan (store) dokumen.
o   Semua pemesanan diberi identifier yang unik (ORDER_ID) yang dapat di copy user ke area penyimpanan permanent untuk account tersebut.
            Persyaratan non-fungsional terdiri dari:
a.       Persyaratan Produk: persyaratan yang diambil dari spesifikasi produk, seperti persyaratan hardware untuk mendukung kinerja.
b.      Persyaratan Organisasi: persyaratan yang berasal dari kebijakan dan prosedur pada organisasi.
c.       Persyaratan Eksternal: persyaratan yang berasal dari factor eksteral terhadap system dan proses pengembangannya.
            Ukuran persyaratan non-fungsional
o   Kecepatan: transaksi yang diproses perdetik, waktu tanggal user per event atau waktu refres layar.
o   Ukuran: KB atau jumlah Chip RAM.
o   Kemudahan Penggunaan: waktu pelatihan atau jumlah frame help.
o   Kehandalan: waktu rata-rata kegagalan, probabilitas ketidaksediaan, kecepatan terjadinya kegagalan atau ketersediaan.
o   Ketahanan: waktu start ulang setelah kegagalan, prosentase event yang gagal atau probabilitas korupsi data.
o   Portabilitas: prosentase peryataan tergantung target atau jumlah system target.
  1. Persyaratan User.
Mendeskprisikan persyaratan fungsional dan non-fungsional sehingga dapat dipahami oleh user yang tidak memiliki pengetahuan teknik. Persyaratan user harus ditulis memakai bahasa natural formal dan diagaram intuitif yang sederhana. Persyaratan user tidak boleh didefinisikan memakai model implementasi.
Masalah yang sering muncul:
o   Tidak ada kejelasan
o   Kesimpang-siuran persyaratan
o   Penggabungan persyaratan
  1. Persyaratan Sistem.
Persyaratan system ini lebih rinci dari persyaratan user, dan berfungsi sebagai dasar kontrak untuk implementasi system. Persyaratan system ini digunakan sebagai titik awal perancangan system. Bahasa natural banyak digunakan dalam mendefinisikan persyaratan system.
  1. Dokumentasi Persyaratan Perangkat Lunak.

6.  Apa tahap - tahap rekayas perangkat lunak ? jelaskan !
A.    Analisis
Analisis sistem adalah sebuah teknik pemecahan masalah yang menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya dengan tujuan mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi untuk meraih tujuan mereka.
Ada satu bagian penting yang biasanya dilakukan dalam tahapan analisis yaitu pemodelan proses bisnis. Model proses adalah model yang memfokuskan pada seluruh proses di dalam sistem yang mentransformasikan data menjadi informasi (Harris, 2003). Model proses juga menunjukkan aliran data yang masuk dan keluar pada suatu proses. Biasanya model ini digambarkan dalam bentu Diagram Arus Data (Data Flow Diagram / DFD). DFD meyajikan gambaran apa yang manusia, proses dan prosedur lakukan untuk mentransformasi data menjadi informasi.
B.     Disain
Disain perangkat lunak adalah tugas, tahapan atau aktivitas yang difokuskan pada spesifikasi detil dari solusi berbasis computer (Whitten et al, 2004).
Disain perangkat lunak sering juga disebut sebagai physical design. Jika tahapan analisis sistem menekankan pada masalah bisnis (business rule), maka sebaliknya disain perangkat lunak fokus pada sisi teknis dan implementasi sebuah perangkat lunak (Whitten et al, 2004).
Output utama dari tahapan disain perangkat lunak adalah spesifikasi disain. Spesifikasi ini meliputi spesifikasi disain umum yang akan disampaikan kepada stakeholder sistem dan spesifikasi disain rinci yang akan digunakan pada tahap implementasi. Spesifikasi disain umum hanya berisi gambaran umum agar stakeholder sistem mengerti akan seperti apa perangkat lunak yang akan dibangun. Biasanya diagram USD tentang perangkat lunak yang baru merupakan point penting dibagian ini. Spesifikasi disain rinci atau kadang disebut disain arsitektur rinci perangkat lunak diperlukan untuk merancang sistem sehingga memiliki konstruksi yang baik, proses pengolahan data yang tepat dan akurat, bernilai, memiliki aspek user friendly dan memiliki dasar-dasar untuk pengembangan selanjutnya.
C.      Konstruksi
Konstruksi adalah tahapan menerjemahkan hasil disain logis dan fisik ke dalam kode-kode program computer. Buku ini sebagian besar berisi tentang bagian ini.
D.    Pengujian
Pengujian sistem melibatkan semua kelompok pengguna yang telah direncanakan pada tahap sebelumnya. Pengujian tingkat penerimaan terhadap perangkat lunak akan berakhir ketika dirasa semua kelompok pengguna menyatakan bisa menerima perangkat lunak tersebut berdasarkan kriteria - kriteria yang telah ditetapkan.
E.     Perawatan dan Konfigurasi
Ketika sebuah perangkat lunak telah dianggap layak untuk dijalankan, maka tahapan baru menjadi muncul yaitu perawatan perangkat lunak.
7.  Apa perbedaan pemrograman desktop dan visual ?
Pemrograman visual adalah suatau bahasa pemrograman yang didalamnya terdapat himpunan simbol-simbol grafis dan teks yang mempunyai arti yang semantik dan mengunakan pengunaan expresi visual seperti grafik,gambar atau ikon yang sistematik dan mempunyai arti tertentu serta mengacu pada aktivitas yang memungkinkan pada pengguna untukmembuat program dalam (dua atau lebih) dimensi.
Aplikasi Desktop adalah suatu aplikasi yang mampu beroperasi secara offline, tetapi kita harus menginstalnya sendiri pada laptop atau komputer.
8. Apa perbedaan pemrograman visual dan web base ?
Salah satu perbedaan yang mendasar dari web based dan desktop based adalah bahasa pemrogramannya kalau pada desktop based di dukung oleh beberapa macam program seperti  Microsoft office, Borland Delphi, dll sedangkan untuk web based menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS, JavaScript, dll.
9. Kenapa para programer  lebih senang menggunakan  pemrograman mobile ?
karena praktis dan sapat dijalankan dimana saja
10.  Kerjakan kisi kisi ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar