1. Apa definisi perangkat lunak ?
Perangkat lunak (software) adalah istilah umum untuk data
yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer,
dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh
komputer.
2. Apa Karateristik perangkat lunak ?
·
Maintanability (Dapat Dirawat),
Perangkat Lunak harus dapat memenuhi perubahan kebutuhan
·
Dependability, Perangkat Lunak harus
dapat dipercaya
·
Efisiensi, Perangkat Lunak harus efisien
dalam penggunaan resource
·
Usability, Perangkat Lunak harus dapat
digunakan sesuai dengan yang direncanakan
3.
Apa problem dalam pembuatan perangkat lunak ?
Ø kebutuhan
yang akan datang sering tidak bisa dipahami dan merupakan sebuah hal yang
sering sekali berubah.
Ø usaha
untuk menggunakan kembali (reuse) sering kali berujung melibatkan
komponen-komponen yang sebenarnya tidak bisa digunakan kembali (not reusable)
dan sering kali gagal untuk dilakukan.
Ø sering
sekali terjadi, programer dan sistem analis kehilangan gambaran secara umum
tentang apa yang dimaksud dengan kebutuhan yang akan datang.
Ø dan
yang paling penting adalah para pengembang cenderung melihat permasalahan ke
arah permasalahan coding. Pengembang gagal melihat bahwa penyelesaian masalah
melalui kekuatan perancangan/desain adalah sesuatu yang patut dipertimbangkan
dan merupakan jalur yang tepat.
4.
Jelaskan macam - macam perangkat lunak ?
§ Perangkat
lunak sistem operasi (operating system), yaitu program yang ditulis untuk
mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan sistem komputer. Contoh
perangkat lunak sistem operasi, yaitu Windows, UNIX, LINUX, dan VMS.
§ Perangkat
lunak bahasa (language software), yaitu program yang digunakan untuk
menterjemahkan instruksi-instruksi yang ditulis dalam bahasa
pemrograman ke dalam bahasa mesin agar dimengerti oleh
komputer. Contoh perangkat lunak bahasa, yaitu Visual Basic,
Delphi, dan C++, dll.
§ Perangkat
lunak aplikasi, yaitu perangkat lunak yang dibuat oleh softwere house yang
berguna untuk menyelesaikan pekerjaan yang sifatnya umum atau standar. Contoh
perangkat lunak aplikasi, yaitu Microsoft Word yang digunakan untuk
membuat suatu dokumen dan Microsoft Excel yang digunakan
untuk mengolah data berupa angka - angka atau grafik.
5.
Apa syarat - syarat perangkat lunak ? Jelaskan !
- Persyaratan Fungsional dan Non Fungsional.
Contoh
Persyaratan fungsional:
o
User dapat mencari
semua atau satu set awal database atau memilih subset darinya.
o
System akan
menyediakan viewer yang sesuai bagi user untuk membaca dokumen pada penyimpanan
(store) dokumen.
o
Semua pemesanan diberi
identifier yang unik (ORDER_ID) yang dapat di copy user ke area penyimpanan
permanent untuk account tersebut.
Persyaratan
non-fungsional terdiri dari:
a. Persyaratan
Produk: persyaratan yang diambil dari spesifikasi produk, seperti persyaratan
hardware untuk mendukung kinerja.
b. Persyaratan
Organisasi: persyaratan yang berasal dari kebijakan dan prosedur pada
organisasi.
c. Persyaratan
Eksternal: persyaratan yang berasal dari factor eksteral terhadap system dan
proses pengembangannya.
Ukuran
persyaratan non-fungsional
o
Kecepatan: transaksi
yang diproses perdetik, waktu tanggal user per event atau waktu refres layar.
o
Ukuran: KB atau jumlah
Chip RAM.
o
Kemudahan Penggunaan:
waktu pelatihan atau jumlah frame help.
o
Kehandalan: waktu
rata-rata kegagalan, probabilitas ketidaksediaan, kecepatan terjadinya
kegagalan atau ketersediaan.
o
Ketahanan: waktu start
ulang setelah kegagalan, prosentase event yang gagal atau probabilitas korupsi
data.
o
Portabilitas:
prosentase peryataan tergantung target atau jumlah system target.
- Persyaratan User.
Mendeskprisikan
persyaratan fungsional dan non-fungsional sehingga dapat dipahami oleh user
yang tidak memiliki pengetahuan teknik. Persyaratan user harus ditulis memakai
bahasa natural formal dan diagaram intuitif yang sederhana. Persyaratan user
tidak boleh didefinisikan memakai model implementasi.
Masalah yang sering
muncul:
o
Tidak ada kejelasan
o
Kesimpang-siuran
persyaratan
o
Penggabungan
persyaratan
- Persyaratan Sistem.
Persyaratan system ini
lebih rinci dari persyaratan user, dan berfungsi sebagai dasar kontrak untuk
implementasi system. Persyaratan system ini digunakan sebagai titik awal
perancangan system. Bahasa natural banyak digunakan dalam mendefinisikan
persyaratan system.
- Dokumentasi Persyaratan Perangkat Lunak.
6. Apa tahap - tahap rekayas perangkat lunak ?
jelaskan !
A.
Analisis
Analisis sistem adalah sebuah teknik pemecahan masalah yang
menguraikan sebuah sistem menjadi komponen-komponennya dengan tujuan
mempelajari seberapa bagus komponen-komponen tersebut bekerja dan berinteraksi
untuk meraih tujuan mereka.
Ada satu bagian penting yang biasanya dilakukan dalam
tahapan analisis yaitu pemodelan proses bisnis. Model proses adalah model yang
memfokuskan pada seluruh proses di dalam sistem yang mentransformasikan data
menjadi informasi (Harris, 2003). Model proses juga menunjukkan aliran data
yang masuk dan keluar pada suatu proses. Biasanya model ini digambarkan dalam
bentu Diagram Arus Data (Data Flow Diagram / DFD). DFD meyajikan gambaran apa
yang manusia, proses dan prosedur lakukan untuk mentransformasi data menjadi
informasi.
B.
Disain
Disain perangkat lunak adalah tugas, tahapan atau aktivitas
yang difokuskan pada spesifikasi detil dari solusi berbasis computer (Whitten
et al, 2004).
Disain perangkat lunak sering juga disebut sebagai physical
design. Jika tahapan analisis sistem menekankan pada masalah bisnis (business
rule), maka sebaliknya disain perangkat lunak fokus pada sisi teknis dan
implementasi sebuah perangkat lunak (Whitten et al, 2004).
Output utama dari tahapan disain perangkat lunak adalah
spesifikasi disain. Spesifikasi ini meliputi spesifikasi disain umum yang akan
disampaikan kepada stakeholder sistem dan spesifikasi disain rinci yang akan
digunakan pada tahap implementasi. Spesifikasi disain umum hanya berisi
gambaran umum agar stakeholder sistem mengerti akan seperti apa perangkat lunak
yang akan dibangun. Biasanya diagram USD tentang perangkat lunak yang baru
merupakan point penting dibagian ini. Spesifikasi disain rinci atau kadang
disebut disain arsitektur rinci perangkat lunak diperlukan untuk merancang
sistem sehingga memiliki konstruksi yang baik, proses pengolahan data yang
tepat dan akurat, bernilai, memiliki aspek user friendly dan memiliki
dasar-dasar untuk pengembangan selanjutnya.
C.
Konstruksi
Konstruksi
adalah tahapan menerjemahkan hasil disain logis dan fisik ke dalam kode-kode
program computer. Buku ini sebagian besar berisi tentang bagian ini.
D.
Pengujian
Pengujian sistem melibatkan semua kelompok pengguna yang
telah direncanakan pada tahap sebelumnya. Pengujian tingkat penerimaan terhadap
perangkat lunak akan berakhir ketika dirasa semua kelompok pengguna menyatakan
bisa menerima perangkat lunak tersebut berdasarkan kriteria - kriteria yang
telah ditetapkan.
E.
Perawatan dan
Konfigurasi
Ketika
sebuah perangkat lunak telah dianggap layak untuk dijalankan, maka tahapan baru
menjadi muncul yaitu perawatan perangkat lunak.
7. Apa perbedaan
pemrograman desktop dan visual ?
Pemrograman visual adalah suatau bahasa pemrograman yang
didalamnya terdapat himpunan simbol-simbol grafis dan teks yang mempunyai arti
yang semantik dan mengunakan pengunaan expresi visual seperti grafik,gambar
atau ikon yang sistematik dan mempunyai arti tertentu serta mengacu pada
aktivitas yang memungkinkan pada pengguna untukmembuat program dalam (dua atau
lebih) dimensi.
Aplikasi Desktop adalah
suatu aplikasi yang mampu beroperasi secara offline, tetapi kita harus
menginstalnya sendiri pada laptop atau komputer.
8. Apa perbedaan pemrograman visual dan web
base ?
Salah satu perbedaan yang mendasar dari web based dan desktop
based adalah bahasa pemrogramannya kalau pada desktop based di dukung oleh
beberapa macam program seperti Microsoft office, Borland Delphi, dll
sedangkan untuk web based menggunakan bahasa pemrograman HTML, PHP, CSS,
JavaScript, dll.
9. Kenapa para programer lebih senang menggunakan pemrograman mobile ?
karena praktis dan sapat dijalankan dimana saja
10.
Kerjakan kisi kisi ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar