EVOLUSI
PERANGKAT LUNAK
Disusun oleh :
SLAMET ARDIANSYAH
NIM : 2113R0680
STMIK
HIMSYA
SEMARANG
2016
A.
EVOLUSI
Rekayasa perangkat lunak telah berkembang
sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an hingga kini. Fokus utama
pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi untuk
meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak dan
kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh user. Pada tahun 1968 dan 1969,
komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak,
yang memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak.
Banyak yang menganggap bahwa dua konferensi inilah yang menandai awal resmi
profesi rekayasa perangkat lunak. Istilah software engineering sendiri
digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Saat itu, masih
terdapat debat tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat
lunak. Pada tahun 1960-an hingga 1980-an, banyak masalah yang ditemukan para
praktisi pengembangan perangkat lunak. Banyak
projek yang gagal, hingga masa ini disebut sebagai krisis perangkat lunak.
Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari projek yang
melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan kematian.
Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane akibat
kegagalan perangkat lunak.
Bentuk
paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di
representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah
/ off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai
mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte),
double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur
instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika,
dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.
1. Era
Pioner
Bentuk
perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian
dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan
komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card
yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan
secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu.
2. Era
Stabil
Pada era
stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan
peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Sebuah
perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara
cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis
data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3. Era
Makro
Sejalan
dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak
juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di
bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan
perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya
untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak
mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4. Era
Modern
Saat
ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah
superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di
lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya
komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan
microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan
itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada
suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak
bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak
orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu
dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak
pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang
mulai bisa mengenal suara dan gambar.
B.
SEJARAH
Perangkat
Lunak mengalami revolusi perkembangan yang begitu cepat. Berikut adalah sejarah
tentang perkembangan perangkat lunak.
1.
Tahun-tahun
awal
a. batch
orientation
Suatu orientasi dimana proses dilakukan ketika data sudah
dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu. kebalikan dari orientasi ini adalah
interactive proses atau online. keuntungan dari online adalah data yang
dibutuhkan selalu up to date.
b.
limited edition
Edisi
software yang dikeluarkan pada tahun awal sangat terbatas untuk
perusahaan-perusahaan tertentu.
c.
custom software
Software
yang dihasilkan masih didasarkan dari kebutuhan perusahaan bukan untuk
kebutuhan umum.
2.
Era
kedua
a. multi
user
Software
tidak digunakan hanya untuk individu tapi digunakan oleh lebih individu pada
saat yang sama
b. real
time
Adalah
suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasi data,
mengontrol dan menghasilkan output dalam jangka waktu milisecond.
c. database
Seiring
perkembangan penyimpanan data secara online maka terbentuklah versi pertama
pengembangan software DBMS (database management system).
d. product
manager
Adalah software yang di kembangankan untuk
dijual kepada masyarakat secara umum.
3. Era ketiga
a.
Distributed system
System yang terdistribusi, artinya tidak
berpusat pada induk tertentu.
b.
Embeded software
Pada era ini sudah dikenal istilah
"intelegence" dimana kata itu diselipkan pada perangkat embeded dan
biasanya ditambahkan sebuah mikrprosesor mutakhir yang mengerjakan suatu
pekerjaan tertentu. seperti automobil, robot dan lain sebagainya.
c.
low cost hardware
Sudah dikenal yang namanya hardware
murah, mungkin ini karena terus berkembangnya software untuk PC.
d.
consumer impact
Adanya perkembangan komputer murah
berdampak besar bagi perkembangan software. dan ini sangat berguna untuk
masyarakat.
4.
Era
Keempat
Pada
era keempat sudah banyak perkembangan-perkembangan yang jauh signifikan
terhadap pengembangan software. antara lain adalah munculnya sistem Artificial
Intelegence Machine, expert system, dan paralel architecture
berikut adalah penjelasan dari ketiga perkembangan tersebut.
berikut adalah penjelasan dari ketiga perkembangan tersebut.
a. expert
system
Suatu
penerapa "artificial intelegence" yang ditanamkan pada suatu alat
yang memiliki fungsi khusus pada bidang-bidang tertentu semisal : kedokteran,
komunikasi dan lain-lain.
b. artificial
intelence machine
Adalah
suatu komputer yang didesain khusus dimana alat ini bisa melakukan sebagian
dari otak manusia, seperti permainan catur, PES dan lain-lain.
c. paralel
architecture
Adalah
arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang
dimungkinkan adanya prosesor tersendiri dalam sebuah komputer.
DAFTAR PUSTAKA
http://pinginnongol.blogspot.co.id/2011/10/evolusi-perangkat-lunak.html
http://caramita.com/sejarah-evolusi-rekayasa-perangkat-lunak.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar