Rabu, 01 Juni 2016

EVOLUSI PERANGKAT LUNAK



MAKALAH
EVOLUSI  PERANGKAT  LUNAK






Disusun oleh :
SLAMET ARDIANSYAH
NIM : 2113R0680



STMIK HIMSYA
SEMARANG
2016



A.   EVOLUSI
      Rekayasa perangkat lunak telah berkembang sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an hingga kini. Fokus utama pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak dan kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh user. Pada tahun 1968 dan 1969, komite sains NATO mensponsori dua konferensi tentang rekayasa perangkat lunak, yang memberikan dampak kuat terhadap perkembangan rekayasa perangkat lunak. Banyak yang menganggap bahwa dua konferensi inilah yang menandai awal resmi profesi rekayasa perangkat lunak. Istilah software engineering sendiri digunakan pertama kali pada akhir 1950-an dan awal 1960-an. Saat itu, masih terdapat debat tajam mengenai aspek engineering dari pengembangan perangkat lunak. Pada tahun 1960-an hingga 1980-an, banyak masalah yang ditemukan para praktisi pengembangan perangkat lunak.             Banyak projek yang gagal, hingga masa ini disebut sebagai krisis perangkat lunak. Kasus kegagalan pengembangan perangkat lunak terjadi mulai dari projek yang melebihi anggaran, hingga kasus yang mengakibatkan kerusakan fisik dan kematian. Salah satu kasus yang terkenal antara lain meledaknya roket Ariane akibat kegagalan perangkat lunak.
Bentuk paling primitif dari perangkat lunak, menggunakan aljabar Boolean, yang di representasikan sebagai binary digit (bit), yaitu 1 (benar / on) atau 0 (salah / off), cari ini sudah pasti sangat menyulitkan, sehingga orang mulai mengelompokkan bit tersebut menjadi nible (4 bit), byte (8 bit), word (2 byte), double word (32 bit). Kelompok-kelompok bit ini di susun ke dalam struktur instruksi seperti penyimpanan, transfer, operasi aritmatika, operasi logika, dan bentuk bit ini di ubah menjadi kode-kode yang di kenal sebagai assembler.



1.      Era Pioner

Bentuk perangkat lunak pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer, gambar berikut memperlihatkan orang yang sedang menggunakan komputer. Cara lain dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program untuk sebuah mesin untuk tujuan tertentu.
2.      Era Stabil

Pada era stabil penggunaan komputer sudah banyak di gunakan, tidak hanya oleh kalangan peneliti dan akademi saja, tetapi juga oleh kalangan industri / perusahaan. Sebuah perangkat lunak mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) secara cepat/langsung (real time). Pada era ini mulai di kenal sistem basis data, yang memisahkan antara program (pemroses) dengan data (yang di proses).
3.      Era Makro

Sejalan dengan semakin luasnya PC dan jaringan komputer di era ini, perangkat lunak juga berkembang untuk memenuhi kebutuhan perorangan. Perangkat lunak dapat di bedakan menjadi perangkat lunak sistem yang bertugas menangani internal dan perangkat lunak aplikasi yang di gunakan secara langsung oleh penggunannya untuk keperluan tertentu. Automatisasi yang ada di dalam perangkat lunak mengarah ke suatu jenis kecerdasan buatan.
4.      Era Modern

            Saat ini perangkat lunak sudah terdapat di mana-mana, tidak hanya pada sebuah superkomputer dengan 25 prosesornya, sebuah komputer genggampun telah di lengkapi dengan perangkat lunak yang dapat di sinkronkan dengan PC. Tidak hanya komputer, bahkan peralatan seperti telepon, TV, hingga ke mesin cuci, AC dan microwave, telah di tanamkan perangkat lunak untuk mengatur operasi peralatan itu. Dan yang hebatnya lagi adalah setiap peralatan itu akan mengarah pada suatu saat kelak akan dapat saling terhubung. Pembuatan sebuah perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelentir orang, tetapi telah menjadi pekerjaan banyak orang, dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang di tunjukkan oleh perangkat lunak pun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sekarang mulai bisa mengenal suara dan gambar.
B.   SEJARAH
      Perangkat Lunak mengalami revolusi perkembangan yang begitu cepat. Berikut adalah sejarah tentang perkembangan perangkat lunak. 





1.      Tahun-tahun awal
a.      batch orientation
      Suatu orientasi dimana proses dilakukan ketika data sudah dikumpulkan dalam satuan waktu tertentu. kebalikan dari orientasi ini adalah interactive proses atau online. keuntungan dari online adalah data yang dibutuhkan selalu up to date.
b.      limited edition
      Edisi software yang dikeluarkan pada tahun awal sangat terbatas untuk perusahaan-perusahaan tertentu.
c.       custom software
      Software yang dihasilkan masih didasarkan dari kebutuhan perusahaan bukan untuk kebutuhan umum.

2.      Era kedua
a.      multi user
      Software tidak digunakan hanya untuk individu tapi digunakan oleh lebih individu pada saat yang sama
b.      real time
      Adalah suatu sistem yang dapat mengumpulkan, menganalisa dan mentransformasi data, mengontrol dan menghasilkan output dalam jangka waktu milisecond.
c.       database
      Seiring perkembangan penyimpanan data secara online maka terbentuklah versi pertama pengembangan software DBMS (database management system).
d.      product manager
      Adalah software yang di kembangankan untuk dijual kepada masyarakat secara umum.

3.      Era ketiga
a.      Distributed system
      System yang terdistribusi, artinya tidak berpusat pada induk tertentu.
b.      Embeded software
            Pada era ini sudah dikenal istilah "intelegence" dimana kata itu diselipkan pada perangkat embeded dan biasanya ditambahkan sebuah mikrprosesor mutakhir yang mengerjakan suatu pekerjaan tertentu. seperti automobil, robot dan lain sebagainya.
c.       low cost hardware
            Sudah dikenal yang namanya hardware murah, mungkin ini karena terus berkembangnya software untuk PC.
d.      consumer impact
            Adanya perkembangan komputer murah berdampak besar bagi perkembangan software. dan ini sangat berguna untuk masyarakat.

4.      Era Keempat
            Pada era keempat sudah banyak perkembangan-perkembangan yang jauh signifikan terhadap pengembangan software. antara lain adalah munculnya sistem Artificial Intelegence Machine, expert system, dan paralel architecture
berikut adalah penjelasan dari ketiga perkembangan tersebut.


a.      expert system
      Suatu penerapa "artificial intelegence" yang ditanamkan pada suatu alat yang memiliki fungsi khusus pada bidang-bidang tertentu semisal : kedokteran, komunikasi dan lain-lain.
b.      artificial intelence machine
      Adalah  suatu komputer yang didesain khusus dimana alat ini bisa melakukan sebagian dari otak manusia, seperti permainan catur, PES dan lain-lain.
c.       paralel architecture
      Adalah arsitektur komputer yang memungkinkan proses kerja LAN paralel, yang dimungkinkan adanya prosesor tersendiri dalam sebuah komputer.

DAFTAR PUSTAKA

http://pinginnongol.blogspot.co.id/2011/10/evolusi-perangkat-lunak.html
http://caramita.com/sejarah-evolusi-rekayasa-perangkat-lunak.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar